Monday 4 February 2013

10 langkah penulisan skripsi buat "newbie"

Banyak dari kita yang merasa terpaksa atau terbebankan karena harus menulis skripsi untuk syarat kelulusan atau sekedar pemberian kenangan di kampus kesayangan.Sangat disayangkan niat baik kampus untuk menggalih bakat penulisan riset dan penambahan wawasan ini membuat para mahasiswa ada yang sampai tambah semester bahkan bertahun-tahun nongkrong di kampus karena hal yang itu-itu aja tanpa adanya kejelasan kapan dan gimana nasib kelulusan karena sebuah pustaka yang diberi nama SKRIPSI. Karena gak selesai, mahasiswa harus mengeluarkan biaya tambahan, dimarahin orang tua, stres, garuk tanah, jobless, ke dukun bahkan gak jarang diputusin pacar dan berakhir di seutas tali dengan predikat mati gantung diri.

Nah ini dia!!! Saya menulis ini sebagai tambahan informasi bagi para "dummy" atau kalian mahasiswa abadi yang memiliki semangat penuh untuk melanjutkan hidup demi ukiran nama belakang untuk di undangan nikahan dan juga terus ingat sama sumbangan biaya kuliah dari mamah papah yang mendambakan foto bareng anaknya pakai toga sarjana.

Berikut 10 langkah "one shot" yang gak pake basa basi penjelasan apa dan bagaimana arti skripsi (karena dianggap at least tau dong skripsi  itu bukan makanan atau obat sakit gigi) untuk kamu yang gak ngerti sama sekali bagaimana cara tepat dan cepat untuk mengerjakan skripsi.


 PERCAYA NGGAK PERCAYA ada 10 langkahnya :

1. Cari Jurnal luar negeri atau tesis dalam negeri sebagai acuan

Para Dosen berjaket kuning di Universitas Indonesia berfatwa :

"Tak ada obat mujarab untuk selamat dari predikat gagal skripsi selain kamu menjadikan Jurnal Luar negeri sebagai acuan penulisan skripsi kamu".

Saran saya nih, paitnya kalian gak ngerti sama sekali bahasa planet selain bahasa Indonesia, carilah Tesis atau Jurnal yang terpercaya yang berasal dari dalam negeri untuk dijadikan contekan, acuan juga ajang perkenalan atau cari jodoh dengan menanyakan segala yang terkait kepada penulisnya langsung.

2. Lihat "straitgh to the point" ke Bab 3

Setelah kalian membaca isi Jurnal tersebut, tatap, pahami dan renungkan betul hal-hal yang terkait dari jurnal untuk mengisi bab 3 kamu, seperti metode pengolahan data, acuan kuisioner, software yang dipakai dsb. Karena kesalahan fatal yang dilakukan teman-teman saya adalah karena terlalu terlena dengan latar belakang, pas sampai di bab 3 karena kekurangan data, sulitnya pengolahan, dan ketidakmengertian akan pengolahan barulah mereka menyesal dan terpaksa menambah waktu perpanjangan skripsi.

3. Cari informasi tentang cara olah data skripsi

Banyaknya relasi mungkin akan membantu kamu dalam penyelesaian olah data. Selain itu terus membuka artikel dan buku olah data supaya memahami bagaimana seharusnya pengolahan data yang kamu gunakan. Saran saya cari senior atau teman yang sudah melakukan pengolahan data sesuai jurnal yang kamu pakai. Pengalaman saya dulu pendekatan kepada penulis jurnal sangat-sangat membantu untuk menjawab segala permasalahan yang ada dalam megolah data. Kalo mentok boleh loh datangi jasa olah data , tapiiiiii minta di jelaskan dan diajari jangan cuma mau bayar terus terima jadi yah.


4. Datang ke perpus, dan banyak baca untuk mengisi bab 1 dan bab 2

Sudah dilakukan langkah 1-3 mari kita mulai tulis skripsi yuk!!!!
Bab 1 dan 2 itu ya gampang-gampang susah, hanya pengetahuan yang bisa membantu. Sebenarnya tergantung tujuan kamu menulis skripsi, ada yang membantu pekerjaan kantor, ingin diajukan ke luar negeri sebagai syarat beasiswa dll. Nah kebulatan niat ini yang akan menolong memperlancar penulisan di bab 1 dan bab 2.
Sebaiknya, perbanyak baca jurnal dan buku untuk mencari dan menerangkan semua yang terkait dengan Judul dan isi skripsi.
Tips dari saya, untuk bab 1 adalah rangkuman isi skripsi dan kenapa kamu menulis skripsi ini (disidang harus jelas loh) dan untuk di bab 2 semua kata di judul dan model penelitian harus dijelaskan yah di Bab 2.

5. Cari senior , teman yang pernah mengolah data dengan cara yang sama untuk menulis bab 3

Karena bab 3 ini sifatnya krusial , banyak-banyak konsultasi sama siapapun atau pihak terkait ya seperti saran saya diatas. Banyak membaca contoh skripsi juga sangat membantu penulisan bab 3 , yang terpenting sesuaikan dengan jurnal yang ada yah. Guna nya apa sih? Itu berguna untuk mempertanggung jawabkan isi skripsi kamu, bukan karangan sendiri apalagi hanya sekedar curhatan dari hati. Contoh ya... semua isi suruhan di hadis aja pakai loh berdasarkan Kitab ini ayat segini, nah apalagi skripsi =)

6. Buat interpretasi bab 4
Udah rampung bab 1-3 mulai deh interpretasikan hasil olahan data di bab 4, gak perlu masukan teori langsung bahas dan kupas tuntas isi olahan data kamu. Akhirnya setelah di kupas buatlah analisis (bukan kesimpulan) rangkuman hasil penelitian dan dikaitkan yah dengan fenomena yang terjadi atau implikasi manajerialnya.

7. Buat kesimpulan dan saran untuk bab 5 sesuai banyaknya permasalahan di bab 1

Akhirnya yang ditunggu datang...... BAB 5 tersenyumlah saat menulisnya, karena jika betul kita membuat sendiri isi skripsi akan sangat mudah menjawab permasalahan dan tujuan di bab 1.Kalo memang ada 3 masalah jawablah masalah tersebut jangan sampai hanya 1 atau 2 yang terjawab. Jangan takut kalo kesimpulanya ada jawaban negatif, namanya penelitian kan sesuai fakta =)

8. Cari kekurangan skripsi atau kelemahan kamu untuk mengisi saran bagi penulis selanjutnya
Setelah selesai keseluruhan isi skripsi, kamu akan melihat, merasa dan merba apa saja kelemahan selama menulis skripsi. Misalnya kekurangan responden, kurangnya isi skripsi atau sekedar memasukan ide untuk diberikan pada penulis selanjutnya.

9. Pastikan semua yang ada di skripsi berdasarkan penelitian atau literatur untuk ditulis di Daftar Pustaka

Penulisan daftar pustaka sebaiknya "disambi" gunanya untuk mempermudah kamu dalam menulisnya. Karena daftar pustaka akan sangat dilihat oleh penguji di sidang. Sebaiknya kamu melihat penulisan daftar pustaka sesuai dengan ketentuan penulisan yang benar

10. Selalu minta arahan, saran dan kritik ke Pembimbing dan tanya kisi-kisi untuk Sidang Skripsi

Ini bro and sist...Pembimbing adalah Guru yang tak ternilai manfaatnya. Mohon jangan disia-siakan apalagi dilupakan, mereka akan bertanggung jawab penuh selama penulisan bahkan setelahnya loh... dan tak ada yang lebih mengabdi dibanding guru kita, mereka sumber dari segala ilmu dan jasa nya tiada tara. Pssstttt manfaatkan momen bimbingan untuk tanya kisi-kisi pas sidang yah.. Misalnya : "Pak kalo saya ditanya ini bagusnya saya jawab gimana ya pak?" atau "Pak arti olah data ini saya kurang paham, bisa tolong dibantu pak cara memecahkanya biar saya bisa jawab di sidang"

Penulisan ini masih banyak kurangnya, walau saya dapet A untuk mata kuliah skripsi di salah satu Fakultas di Universitas Indonesia (wooo nyombonggg....) bukan berarti ini sempurna loh, para penulis skripsi selain mendengarkan lagu the script tolong cari sumber lain yah untuk membantu....sekian dan terima kasih. Selamat Berjuang!!!

Bikin Ngiri !! Biar Semangat!!!
 

2 comments:

  1. Nice Info Jangan Lupa kunjungi http://jasapembuatanskripsiprofesional.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog Kami :
    http://jasabimbinganskripsisurabaya.blogspot.co.id/

    ReplyDelete